19 Maret 2009

SETIA PADA SUARA HATI

Judul diatas diambil penulis untuk menggambarkan bhwa betapa suara hati seorang Prof(emeritus)Dr dr Anna Alisjahbana,SpA benar2 telah membuat beliau mampu menghadapi segala kesulitan dan tantangan dalam memperjuangkan kecintaaan beliau terhadap anak. Dalam artikel Kompas tgl.16 maret ini disebutkan, bhwa dokter anak ini betul-betul menyadari bhwa perkembangan seorg anak dimulai sejak dari dalam kandungan. Hal ini diawali dari ketertarikan beliau pada cacat bawaan yg deteksinya harus pada kehamilan, tepatnya saat beliau mjd Kepala Bagian Neonatologi, punya intensive care unit,tetapi karena teaching hospital, hanya peduli pada 10 persen bayi, bagaimana sisanya?
Menurut beliau, slama ini pemerintah hanya memperhatikan masalah pendidikan anak, tanpa memperhatikan early learning yang berhubungan dgn perkembangan anak. Anak yg tdk berkembang dgn baik, maka tdk akan bisa mengikuti pendidikan dgn baik. Dalam golden period, tumbuh kembang anak, yakni usia nol smpai tiga thn,bisa smpai enam thn, otak sdg berkembang pesat, shg sgt responsif thdp stimulus.

3 komentar:

  1. gila bener,klo tmn2 baca ni artikel lngkap, nyata bgt klo ibu kita yg satu ini bnr2 concern bgt dgn apa yg namanya "be a humble". Penolakan bbrp pihak trhdp idenya ttg 'community development' tdk menyurutkan tekadnya utk menjadikan anak2 indonesia mjd anak yg berkualitas. Ya, stju bgt, perkmbangan anak dimulai sjk dlm kandungan. makanya, pnting bgt kita bnr2 merencanakan saat pernikahan n kehamilan dgn bijaksana shg saat kehamilan mjd hal yg menyenangkan,dan anak dlm kandungan mjd sehat.

    BalasHapus
  2. ya, aku rasa juga pemerintah selama ini masih setengah setengah menggarap pembangunan kesehatan. kadang diperbaiki sistemnya, SDMnya saja..tapi kurang memperhatikan realita pelaksanaanya di lapangan.
    tapi semua mmg msh sedang dlam proses, n kayaknya dng ibu menkes qta sekarang sdh bnyak kemajuan.
    yap,stuju bgt mma seorang ank hrus sdh disiapkan jauh2sebelum ank itu sndriri ada..
    termasuk sebelum merit pun, seorang calon ayah dn ibu harus bener2sehat lahir batin dulu..sebelum ia mengharapkan punya baby yg sehat juga.. n mreka sndiri harus solid dan sehati untuk mbina rmh tngga..krn anak akn merasa nyaman saat ia berada dlm pelukan ayah dan ibu mereka yg slg mencintai.
    ya, apapun keadaan seorang anak, anak itu sudah menjadi anugrah terbaik buat ayah dan ibunya. terlepas dia punya cacat, retardasi, dsb, anak itu tetap punya sesuatu yang kita gak akan pernah tau... yang penting qta syukuri buat semua n berusaha apa yg bisa dilakukan..
    oke..

    BalasHapus
  3. Slot Machines for Real Money | Betting Sites777
    Slot Machines are 벳썸 도메인 a great way to try out 유흥업소사이트 new games with a gambling Slot wall street bets Machines, 벳 익스플로 어 all the fun, and the 슬롯 thrill of winning!

    BalasHapus