21 Maret 2009

Di rumah pasti kita sering menggunakan Vicks VapoRub bukan? Kehangatan dan aromanya yang lembut dapat memberikan efek kenyamanan dan kelegaan. Tetapi tau kah kita?bahwa ternyata produk ini bisa membahayakan bagi anak kita. Tim peneliti Wake Forest University School of Medicine, Winston-Salem, North Carolina, melaporkan bahwa obat topical popular yang dijual bebas yang biasanya digunakan untuk mengobati flu, dapat memperparah produksi mucus dan inflamasi saluran napas pada bayi dan anak kecil. Vicks VapoRub tidak dianjurkan untuk dimasukan atau diusapkan sekitar lubang hidung orang dewasa maupun anak, dan jangan pernah digunakan untuk anak usia < 2 tahun. Tim peneliti ini menyelidiki efek obat ini terhadap system saluran napas binatang ferret, yang mempunyai anatomi saluran napas dan komposisi seluler mirip dengan manusia.
Disimpulkan bahwa zat aktif Vicks VapoRub bersifat siliotoksik dan menimbulkan inflamasi ringan, meningkatkan sekresi mucus, serta menurunkan klirens mucus. Karena itu dapat terjadi obstruksi mucus pada cabang saluran napas kecil dan meningkatkan tahanan nasal. ‘American Cllege of Chest Physicians’ melarang penggunaan obat bebas ini yang digunakan pada bayi dan anak kecil untuk mengobati flu.
Mungkin mekanisme ini sama dengan larangan penggunaan mukolitik dan antihistamin pada anak dengan asma, karena dapat meningkatkan sekresi mucus, dan reflex batuk pada anak yang belum baik menyebabkan sulitnya anak mengeluarkan secret yang telah cair, sehingga malah menyebabkan obstruksi pada saluran napas.

1 komentar:

  1. wah, aku baru tauh itu..berarti selama ini qta masyrakat salah kaprah donk dengan vicks gitu..
    tapi secara sehari-hari kok memang rasanya enak ya pake vicks itu. mungkin efek hangatnya saja ya...
    ok, coba mungkin ada literatur lain yang mendukung/ menyanggah temuan tersebut.

    BalasHapus